PVMBG cari solusi petani Kawah Timbang Banjarnegara

pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi bekerja mencari Jalan keluar terbaik bagi petani dalam sekitar kawah timbang, desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa tengah.

kami sedang diskusikan bersama teman-teman. nanti kita carikan Jalan keluar yang menarik, kata kepala pvmbg surono saat dihubungi diantara daripada purwokerto, kamis sore.

surono mengatakan hal tersebut tenntang kehadiran harapan penduduk desa sumberejo, kecamatan batur, banjarnegara, agar status siaga kawah timbang mampu langsung dievaluasi, sebab ketika ini tidak ada lagi gas membahayakan dalam udara.

ia menungkapkan hingga ketika ini aktivitas kegempaan di kawah timbang baru tinggi. sampai ketika ini masih ada gempa-gempa yang tinggi, katanya.

Informasi Lainnya:

masih tingginya aktivitas kegempaan itu, tutur dia, menunjukkan bahwa tekanan gas dari di tanah masih tinggi.

menurut dia, keuntungan ini juga terlihat daripada hembusan asap kawah timbang yang tegak ke atas.

selain itu, tutur dia, konsentrasi co2 pada tanah pada sekitar kawah timbang serta masih tinggi.

warga desa sumberejo mengharapkan status kawah timbang langsung dievaluasi, sehingga mereka mampu tinggal beraktivitas pada ladang dengan normal.

warga khususnya dan miliki ladang di radius bahaya dari kawah timbang amat merasakan efeknya karena mereka sudah Salah satu bulan tak beraktivitas. terlebih ketika ini telah banyak tanaman kentang dan rusak akibat terkena asap dari kawah timbang, tutur kepala desa sumberejo ibrahim.

hingga ketika ini, papar dia, luas tanaman kentang dan rusak serta puso mencapai 30 hektare, sedangkan yang terancam puso sekitar 95 hektare

oleh karena itu, lanjutnya, ada petani yang tanaman kentangnya belum mengalami kerusakan tetap nekat memasuki radius 1.000 meter dari kawah timbang untuk merawat tanamannya supaya tidak hingga puso.

menurut dia, keuntungan itu dilaksanakan ada petani karena gas membahayakan tidak banyak lagi selama udara makanya mereka berani ke ladang.

kalau gas co2 di selama tanah, dari lagi sudah sudah banyak terlebih pada kurang lebih kali sat karena rumput tidak mau tumbuh pada sini. warga dengan kearifan lokal dan mereka miliki, sudah tahu daerah mana saja dan banyak gas beracunnya biarpun aktivitas kawah timbang tak meningkat, rumput tidak akan tumbuh selama daerah tersebut, tutur dia yang juga petani kentang.

dengan demikian, tutur dia, masyarakat tidak mau menggali tanah pada daerah yang disukai ada kandungan gas berbahaya.

pvmbg selama senin (11/3), pukul 21.30 wib, meningkatkan status kawah timbang daripada normal adalah berhati-hati serta merekomendasikan agar tak ada aktivitas penduduk di radius 500 meter daripada kawah.

selanjutnya, pvmbg pada rabu (27/3), jam 23.30 wib, memperbaiki status kawah timbang dari berhati-hati adalah siaga serta merekomendasikan supaya tak ada aktivitas penduduk pada radius 1.000 meter dari kawah.