KY dan Kejagung kerja sama pengawasan hakim

komisi yudisial (ky) dan kejaksaan agung (kejagung) menandatangani kerja sama pada jenis pengawasan hakim.

kerja sama ini dibangun melalui tujuan yang sama yaitu penegakan hukum mampu ditegakkan dengan baik, papar komisioner ky ibrahim, di jakarta, rabu.

menurut dia, tugas ky salah satunya soal pengawasan hakim, dimana itu semua tidak dapat diselenggarakan oleh lembaganya dengan keseluruhan.

untuk tersebut kerja sama ini diharapkan mau lebih mengakibatkan bukan cuma bagaimana hakim berusaha menarik namun tegaknya peraturan selama negeri ini, ujarnya.

Informasi Lainnya:

jaksa agung basrief arief mengatakan kerja sama ini untuk cara perbaikan bersama, supaya pas tugas serta kewenangannya.

kerja sama ini untuk memelihara perilaku hakim, sehingga mou ini diselenggarakan sesuai kewenangan masing-masing, kata basrief.

jaksa agung ini juga menyinggung jaksa atau hakim tertangkap tangan serta diberhentikan karena pelanggaran biarpun tunjangan telah naik tapi keuntungan ini tidak menjamin.

penguatan lembaga hukum tidak bermakan manakala dalam prakteknya tak dibarengi dengan orang-orang dan kredibel dan bermoral. daripada sinilah langkah-langkah perbaikan mampu kami bangun untuk menggunakan pembenaran masalah-masalah, katanya.

ketua ky eman suparman menyampaikan keselaran ini adalah komitmen kami di rangka menegakkan martabat perilaku hakim.

kami menyadari kami bukan penegak hukum, padahal dalam uu baru ada tugas-tugas dan bersinggungan melalui hukum dan banyak amanat supaya meminta bantuan lembaga hukum, katanya.

eman mengatakan kerja sama ini berupa penyadapan terhadap oknum dan diawasi sebab ada dugaan pelanggaran etik.

oleh sebab tersebut, mou ini merupakan sesuatu yang tidak bisa diabaikan sebab patokan suksesnya kami membuka amanat konstitusi tidak bisa dilepaskan dari stakeholder penegak hukum di negara ini, tutur eman.

dia dan mengatakan kejaksaan agung sangat membantu sebab para jaksa serta hakim senantiasa berinteraksi ketika menyidangkan perkara terutama pidana.

untuk itu, kami pun mampu menyewa santunan semisal data investigasi, papar eman.