Dinkes: waspadai ispa dan diare saat pancaroba

dinas kesehatan kota yogyakarta mengingatkan penduduk untuk tetap mewaspadai sederat penyakit dan kerap muncul ketika musim pancaroba, seperti infeksi saluran pernapasan akut juga diare.

angka penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ispa) sata musim pancaroba seringkali mengalami peningkatan, begitu pula dengan diare. keuntungan ini berhubungan dengan berubahnya kondisi iklim daripada hujan ke kemarau, kata kepala dinas kesehatan kota yogyakarta tuty setyowati pada yogyakarta, selasa.

menurut tuty, upaya dan bisa dilaksanakan dengan warga supaya tak terserang kedua penyakit tersebut merupakan menjaga pola hidup bersih juga sehat serta memperbaiki daya tahan tubuh.

peningkatan daya tahan tubuh, lanjut dia, dapat dilaksanakan melalui memelihara pola makan dan seimbang, tak mengonsumsi makanan dan terlalu pedas, mengerjakan aktivitas olahraga dengan teratur, dan beristirahat cukup.

Baca juga: Obat Pelangsing Badan - Melangsingkan Perut - Melangsingkan Badan - Obat Pelangsing perut

cuaca dan cukup panas akhir-akhir ini juga dapat menekan daya tahan tubuh. jika telah cuaca cukup panas, ketika beraktivitas mesti mengunakan pelindung. ataupun, bila hujan berkurang tiba-tiba, jangan nekat agar menerobos hujan, ujarnya.

ia mengatakan bahwa pola hidup bersih serta sehat, semisal terus memelihara kebersihan lingkungan, mencuci tangan semua kali selesai beraktivitas ataupun sebelum makan, merupakan kebiasaan dan mesti tetap dijaga.

selama musim pancaroba, tutur tuty, penyakit hepatitis a juga dimungkinkan meningkat karena kondisi lingkungan yang kurang bersih.

jika telah tengah sakit, sebaiknya membeli masker yang menutup hidung juga mulut supaya tak menularkan penyakit ke orang lain. manakala memang mesti istirahat, sebaiknya beristirahat, katanya.

sebelumnya, badan meteorologi, klimatologi, serta geofisika (bmkg) yogyakarta memprakirakan wilayah diy sudah memasuki musim pancaroba mulai april.

namun, ada sejumlah daerah yang sudah memasuki musim kemarau, yakni kabupaten gunungkidul, sedangkan kota yogyakarta hendak memasuki kemarau selama akhir april, dan kabupaten kulon progo diprakirakan memasuki musim kemarau dalam akhir mei.

meskipun rata-rata wilayah selama diy telah memasuki musim pancaroba, bmkg tetap membayar penduduk supaya hati-hati terhadap meningkatnya potensi angin kencang selain baru kehadiran potensi hujan ekstrem saat sore dan malam hari.