Prancis akhirnya izinkan pernikahan sesama jenis

prancis menjadi negara ke-14 dan mengizinkan pernikahan kepada pasangan sesama bidang di selasa, sesudah parlemen menyetujui peraturan perundangan masih dan diperjuangkan dengan presiden francois hollande.

namun kemenangan itu sediakan harga politik dengan banyaknya unjuk rasa selama berwisata serta meningkatnya serangan para homophobia.

hukum pernikahan agar berbagai hollande merupakan salah Satu reformasi sosial terbesar selama prancis dari mentor sayap kiri dan pendahulunya, francois mitterand, menghapuskan hukuman mati di 1981 --langkah yang juga menimbulkan perbedaan aspirasi.

parlemen daripada majelis rendah nasional --tempat pemimpin sosialis hollande mempunyai suara mutlak -- mengesahkan undang-undang tersebut dengan pemungutan suara dengan hasil 331 suara setuju serta 225 suara menentang.

Informasi Lainnya:

banyak orang prancis dan hendak bangga pekerjaan ini telah tuntas, papar menteri kehakiman, christiane taubira, kepada parlemen.

mereka yang memprotes hari ini mau menyaksikan kebahagiaan kaum pengantin baru, katanya semisal dikutip reuters.

hollande menghendaki undang-undang itu berlaku efektif mulai 25 mei, juga pernikahan pasangan sesama jenis diperkirakan mulai ada juni.

komunitas gay menyambut gembira berita tersebut melalui berpawai juga pilihan kelompok menjadikan 23 april dijadikan hari cinta.

namun kaum kritikus menungkapkan hollande seharusnya fokus meningkatkan ekonomi akan tetapi penentang ajaran tersebut menghendaki referendum dan melancarkan protes baru.

oposisi konservatif serta grup tengah segera mengajukan banding ke dewan konstitusi, pengadilan tertinggi negara itu, dan membahas apakah undang-undang itu konstitusional.

prancis, dan penduduknya mayoritas beragama katolik, mengikuti 13 negara lain termasuk kanada, swedia, denmark, uruguay serta selandia masih, mengizinkan pasangan sesama bidang menikah.