Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tidak punya koleksi selain berkonfrontasi dengan amerika serikat, dan seharusnya disalahkan atas ketegangan di semenanjung korea, papar betul jenderal iran.

ketegangan pada wilayah itu timbulkan oleh desakan amerika serikat... juga pengetatan sanksi kepada korut, tutur wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, seperti dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai efek sampingnya, pemerintah korut tak punya koleksi disamping mengonfrontasi penampilan amerika serikat, ujarnya.

jazayeri juga menyalahkan grup pemicu perang di amerika serikat atas meningkatnya ketegangan itu.

Informasi Lainnya:

pyongyang, dan marah akibat sejumlah sanksi perserikatan bangsa bangsa dan gelaran pelatihan militer bersama as-korsel, sudah menganggarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka dalam pilihan pekan terakhir.

puncak ketegangan tersebut terjadi ketika kantor berita yonhap, dan mengutip pejabat pemerintah korsel, menungkapkan korut telah menyiapkan rudal jarak menengahnya dalam perangkat peluncur bergerak serta menyembunyikannya pada fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut selama memanasnya suhu dalam semenanjung korea itu dengan menyebut negara independen seperti korut tidak sejalan dengan gaya petualangan amerika serikat

dia serta mengeritik pbb yang dianggap telah terpengaruh oleh amerika serikat juga membiarkan ketegangan menyebar selama kawasan itu.

ketegangan di semenanjung korea sudah meningkat dari desember, saat korut memulai peluncuran roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat kepada pyongyang atas launching tersebut, sementara iran pada februari menyerukan pemusnahan seluruh senjata atom pada dunia sesudah korea utara mengumumkan percobaan nuklir terbesar mereka.

kita harus berada pada sebuah kondisi selama mana tak ada negara yang mungkin mempunyai senjata nuklir serta senjata pemusnah massal serta senjata nuklir harus dihancurkan, tutur jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, dalam saat tersebut.

pyongyang serta teheran memiliki hubungan menarik sejak revolusi islam 1979. kedua negara itu melayani sanksi dewan keamanan pbb atas program rudal balistik serta pengayaan nuklir.

sebuah laporan sanksi pbb di 2011 menyebutkan kiranya teheran serta pyongyang diduga beritahukan teknologi rudal balistik, sementara tak ada konfirmasi terjamin daripada kedua negara tersebut sampai ketika ini, itulah afp.