25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengatakan bahwa sederat wilayah pada bandung barat mengalami bencana longsor hingga menyebabkan 23 properti rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi sudah mendorong longsor pada tiga kecamatan, kata kepala pusat data Informasi dan humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada selama tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah mendorong wilayah tersebut mempunyai risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor juga 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian penduduk baru mengungsi pada properti kerabatnya dan lebih tidak berbahaya ujarnya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat sedikit juga kondisi tanah yang tebal dan mempunyai mata air dalam pihak tengah update batuan keras di bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air pada masyarakat agar risiko bencana bisa diminimalisir, katanya.

banyak koleksi teknologi sederhana untuk memenangkan longsor, tutur dia, bagus secara fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.