Jabar-Republik Ceko kerja sama pengelolaan sampah

pemerintah provinsi (pemprov) jawa barat menyambut bagus pemerintah republik ceko dan menyediakan kerja sama pengelolaan sampah di wilayah itu.

sebagai negara yang lebih-lebih dahulu membuatkan lingkungan melalui baik. dia (republik ceko) melakukan pengajuan kerja sama, terutama mengenai pengelolaan sampah, tutur gubernur jawa barat ahmad heryawan, selama kota bandung, jumat.

ditemui usai menerima menteri lingkungan hidup republik ceko thomas chalupa dan duta besar republik ceko, dalam gedung sate, heryawan mengatakan pihaknya menyambut baik tawaran itu.

kita sambut melalui baik karena sebenarnya persampahan itu selama awalnya urusan wajib kabupaten/kota juga leading sector-nya banyak selama kabupaten/kota, ujar dia.

Informasi Lainnya:

ketika ditanya mengenai konsep sinergi tersebut heryawan menuturkan republik ceko sudah membawa konsep teknologi dan masterplannya daripada kerjasama itu.

pastinya keselaran ekonomi, teknologi pada jenis pengelolaan sampah dan ada masterplannya lah. tapi tersebut baru sebatas penawaran saja, tutur dia.

ia menunjukan, dan mesti dipahami kiranya pada pengelolaan sampah tersebut membutuhkan investasi yang lumayan besar juga pengelolaan sampah pada republik ceko berbeda dengan dalam indonesia, khususnya dalam Jabar.

di mereka tersebut disadari asli pendapatan masyarakatnya telah tinggi makanya bayar retribusi sampah mereka akan. di sini lah dan lalu bedanya dengan kita, bahwa pengelolaan sampah itu murni di apbd juga apbn. paling apabila pun banyak bayar sampah dalam lingkungan tiap-tiap, ujarnya.

menurut dia, kemampuan pemprov Jabar pada pengelolaan sampah per tonnya merupakan 14 dolar amerika per ton. kita sanggupnya dalam jumlah 14 dolar, itu kemampuan apbd kita, itu pun sudah terengah-engah. baiknya pengelolaan sampah per tonnya itu 20 dolar amerika, katanya.